Iklan

Penyebab Refresh Rate Layar PC Tidak Bisa Lebih dari 60Hz


Mengapa Frekuensi Monitor Komputer Tidak Bisa Lebih dari 60Hz?
Mengapa Frekuensi Monitor Komputer Tidak Bisa Lebih dari 60Hz?
Assalamualaikum wr.wb

Carcir | Banyak pengguna komputer yang ingin meningkatkan refresh rate monitor,  dengan alasan kedipan layar yang mengganggu mata, atau untuk meningkatkan pengalaman bermain game, karena dengan refresh rate yang tinggi, fps yang didapat juga lebih tinggi.



Jika agan kesulitan untuk mengubah refresh rate monitor, mungkin dalam artikel kali ini dapat membantu agan untuk mengetahui masalahnya, simak saja.

Perlu anda ketahui apa itu yang dimaksud dengan Frekuensi layar komputer (Hz) dan Resolusi Layar, karena kedua itu saling berhubungan dalam pembahasan kali ini.


Apa itu Frekuensi Monitor?

Frekuensi Monitor adalah jumlah kedipan ulang per peristiwa dalam satuan detik dengan satuan Hz.

Contoh: 
Layar Komputer anda mempunyai frekuensi 60hz, bisa dikatakan layar tersebut mampu mengedipkan layar hingga 60 kali per detik atau bisa disebut 60fps (Frames Per Second).


Apa itu Resolusi Layar?

Resolusi Layar adalah jumlah pixel atau titik pada setiap dimensi layar.

Contoh: Resolusi Layar anda adalah 1280 x 720, maka layar tersebut mempunyai lebar 1280 dan tinggi 720 dalam satuan pixel.

Hubungan antara Frekuensi dan Resolusi layar berpengaruh pada performa komputer anda, maka dari itu anda harus bisa menyesuaikannya sendiri.

Setelah anda mengetahuinya, langsung saja masuk ke pembahasannya.


Penyebab Refresh Rate Layar Komputer Tidak Bisa Lebih dari 60Hz

Ada 2 Faktor yang dapat menyebabkan frekuensi monitor komputer tidak bisa lebih dari 60hz, yaitu:

  • Faktor Internal
  • Faktor Eksternal

Faktor Internal

Faktor internalnya yaitu dari Monitor/ Layar Komputer itu sendiri, dikarenakan spesifikasi monitor tidak mendukung frekuensi hingga diatas 60hz, hal ini juga terkait dengan maksimal resolusi layar.

Misalnya:
Spesifikasi maksimal monitor anda adalah 1280 x 720, 60hz yang artinya monitor anda mampu menjalankan resolusi 1280x720 dengan frekuensi 60hz.

Tambahan:
Memungkinkan jika resolusi layar dirubah menjadi lebih kecil maka frekuensi layar bisa ditambah menjadi 70hz.


Faktor Eksternal

Faktor eksternalnya yaitu dari perangkat keras penghasil gambar visual seperti Kartu Grafis atau sering disebut dengan VGA Card, dikarenakan juga spesifikasi perangkat ini tidak kompatibel/ mendukung dengan resolusi layar dan frekuensi yang kita inginkan.



Mungkin ada juga penyebab lain dari faktor diatas, diantaranya yaitu:
  • Driver VGA Card yang tidak update
  • Kerusakan/ Crash pada Software
  • Kabel DVI/VGA/HDMI yang mulai rusak
  • Dan lainnya.
Saya kira hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan orang lain, kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum wr.wb.

0 komentar